Ketahui Kelebihan Memilih Pemanas Air Tenaga Surya untuk Keluarga Anda

pemanas air tenaga surya

Sekarang ini sudah banyak orang yang mulai menggunakan pemanas air tenaga surya untuk memenuhi kebutuhan air panas mereka sehari-hari. Hal tersebut karena ada banyak sekali kelebihan yang bisa didapatkan dengan menggunakan pemanas air tenaga surya. Lantas, apa saja kelebihan pemanas air tenaga surya tersebut? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini! 

Hemat energi 

Hal pertama yang membuat banyak orang lebih memilih pemanas air tenaga surya adalah karena hemat listrik. Terlebih lagi sekarang ini semakin lama harga listrik per kwh nya juga semakin mahal. Oleh karena itulah, pemanas air tenaga surya ini sangat cocok digunakan sebagai solusi untuk menghemat penggunaan listrik karena memang pemanas ini tidak menggunakan listrik sama sekali. 

Ramah lingkungan 

Kelebihan pemanas air tenaga surya selanjutnya yang membuat banyak orang tertarik menggunakannya adalah karena ramah lingkungan. Hal ini tentu saja karena pemanas air jenis ini menggunakan energi matahari sehingga dapat dipastikan minim polusi dan tidak akan menyebabkan masalah konsleting yang umum terjadi pada pemanas air jenis listrik. Oleh karena itu, pemanas air tenaga surya ini aman sekali untuk digunakan. 

Kapasitas yang besar 

Kapasitas pemanas air yang satu ini juga besar yaitu mulai dari 100 liter keatas, sehingga sangat awet apabila hanya digunakan untuk keperluan mandi sehari-hari. Namun, sebelum anda membeli pemanas air tenaga surya, pastikan anda telah menghitung berapa jumlah anggota keluarga anda. Sehingga, anda bisa mendapatkan ukuran tenaga surya yang pas dan sesuai dengan kebutuhan anda. 

Penting Diketahui: Masalah Air yang Sering Ditemui pada Pemanas Air

Tahan lama 

Kelebihan lainnya yang membuat pemanas air tenaga surya ini banyak dicari orang adalah karena sifatnya yang tahan lama. Pada umumnya, dengan perawatan yang bagus pemanas air tenaga surya dengan tipe thermo indirect bisa tahan sampai dengan 10 tahun hlo. Namun, apabila perawatannya kurang dan tanpa servis rutin sama sekali, biasanya pemanas air jenis ini bisa bertahan hingga 5 sampai 7 tahun sebelum mengalami kebocoran akibat kerak yang menempel pada elemennya. Terlebih lagi jika anda memiliki kualitas air yang bagus maka dijamin pemanas air tenaga surya akan tahan lebih lama lagi. Dengan segala kelebihan pemanas air tenaga surya diatas, apakah anda tertarik untuk membelinya?