Categories
Uncategorized

Yuk Simak, Cara Merawat Furniture Kayu di Dalam Rumah Agar Awet

Hunian Jakarta Barat

Material kayu masih menjadi pilihan material terbaik bagi orang-orang untuk digunakan pada sebuah hunian, seperti pada Hunian Jakarta Barat. Utamanya furniture berbahan kayu, yang masih menjadi pilihan untuk memenuhi perabotan di rumah.

Namun, bukan hal mudah untuk memiliki furniture berbahan kayu, dimana perawatannya lebih sulit jika dibandingkan dengan jenis furniture berbahan besi maupun plastik. Sebab anda juga harus tahu cara merawat furniture kayu, agar tidak dimakan rayap, tidak terkena jamur, dan juga tidak mudah retak. Agar furniture kayu anda bersih dan awet, sehingga anda tidak perlu rugi karena harus menggantinya karena kerusakan. Berikut beberapa cara perawatan yang wajib anda lakukan.

1.     Bersihkan debu secara rutin

Meskipun furniture anda berada didalam rumah bukan bukan berarti  furniture akan  selalu bersih. Jadi anda harus memperhatikan dengan baik, jangan sampai membiarkan furniture kayu dengan debu yang mulai menumpuk. Buat jadwal pembersihan secara rutin agar tidak mudah keropos. Cukup lap furniture dengan kain yang lembut, serta hindari menggunakan lap berbahan silikon yang menyebabkan furniture dapat mengalami lecet atau kerusakan lainnya.

Baca: 3 Alasan Hunian di Jakarta Barat Semakin Diminati

2.     Gunakan sabun pembersih yang aman

Saat anda sedang melakukan jadwal pembersihan furniture, penting untuk menggunakan produk sabun pembersih yang aman untuk membersihkan perabotan atau furniture kayu. Produk pembersih yang mengandung bahan tidak aman akan berpengaruh pada ketahanan warna permukaan kayu dan membuat furniture menjadi lebih mudah memudar. Tentu hal ini dapat merusak nilai keindahan pada furniture yang anda miliki. Untuk menjaga keawetan furniture gunakan produk pembersih sebanyak 3 kali dalam seminggu.

3.     Merawat furniture kayu dengan menghindarkannya  dari sinar matahari

Cara merawat furniture kayu yang ketiga adalah menjaganya dari sinar matahari langsung. Perabotan kayu anda memiliki sejumlah kelembaban. Jika anda menyimpannya di bawah sinar matahari dapat menguapkan kelembaban dan menyebabkan bisa mengalami pecah di beberapa area. Cara merawat furniture kayu jati seperti ini juga dapat menjaga warnanya agar tidak cepat pudar. Anda juga tidak boleh menempatkan kursi kayu dekat dengan lokasi perapian.

4.     Rawat furniture kayu dengan memberikan pelapis kayu

Ini cara merawat furniture kayu minimalis  yang penting dan juga menjadi solusi dalam merawat furniture kayu ketika musim panas. Pelapis kayu dengan kualitas baik dapat mencegah furniture anda dari kerusakan. Anda dapat mengoleskan pelapis pada kayu secara tipsi dan tunggu selama 30 menit. Lalu gosok dengan sikat lembut, lakukan lagi setelah 60 menit untuk memperoleh kilau yang artistik.

5.     Hindari furniture dari air

Cara merawat furniture kayu terakhir adalah menghindarinya dari guyuran air secara langsung atau merendamnya dalam air. Nah, saat anda membersihkan furniture kayu gunakan air hangat dan juga spons  dengan memberikan sabun ke dalam air. Bersihkan sudut yang sulit yang dijangkau dengan sikat gigi. Untuk membilas permukaan dari furniture yang terkena sabun dapat anda lakukan dengan kain lembut yang telah dibasahi dengan mengelap permukaan kayu.