Categories
Uncategorized

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membeli Pemanas Air

pemanas air tenaga surya

Pemanas air saat ini sedang dibutuhkan bagi sebagian orang yang ingin memasang di kamar mandi. Jika Anda ingin membelinya, daripada menyesal saat membelinya, ada baiknya perhatikan dulu dan pertimbangkan pula hal-hal berikut ini.  

Amati Ada Tidaknya Temperatur Konstan

Ketika akan membeli pemanas air, jangan lupa lihat di alatnya adakah temperatur konstan atau yang berubah. pemanas air dengan temperatur konstan ini mampu menghemat waktu ketika akan mandi dan tak perlu repot untuk menyesuaikan suhu air dengan kulit tubuh. 

Memilih Pemanas Air Tenaga Matahari

Anda perlu tahu banyak jenis pemanas air  yang dijual. Misalnya dengan menggunakan listrik, menggunakan gas, listrik tanpa tabung, dan satu lagi yaitu menggunakan tenaga surya. Pemanas air dengan harga termurah yaitu dengan menggunakan gas dengan memiliki kekurangan jika gas habis maka harus diganti. Sedang untuk pemanas air tenaga listrik tentu akan meningkatkan tagihan listrik dan juga tidak disarankan untuk digunakan di rumah dengan skala kecil. 

Solusi Anda untuk menghemat listrik yaitu menggunakan pemanas air tenaga surya. Namun untuk sekarang harganya memang begitu tinggi namun keuntungannya luar biasa, yaitu ramah lingkungan. Tentu saja pemanas air seperti ini yang efektif sebagai pemanas air terbaik.

Selain itu, hal yang ikut mempengaruhi pemilihan jenis pemanas air ialah lokasi  rumah atau hunian. Jika tinggal di daerah yang bersuhu tinggi misalnya di kota, maka bisa menggunakan pemanas air surya. Alasannya karena waktu yang dibutuhkan tidak lama untuk mendapatkan air panas.

Mengetahui Spesifikasinya

Selanjutnya jangan lupa untuk membaca spesifikasi dari pemanas air tersebut baik untuk water heater tenaga surya maupun jenis yang lain. Ada indikator hemat energi simbolnya EF yang berkisar mulai 0,5 sampai 2,0. Jika dicantumkan EF-nya lebih tinggi maka energi semakin hemat. Sehingga perlu dibandingkan antara satu produk dengan produk yang lainnya.

Kapasitas 

Kapasitas dari pemanas air tersebut  juga perlu diketahui, karena nantinya jumlah air yang digunakan perlu disesuaikan dengan kapasitas yang sudah ditetapkan. Contohnya, diperlukan pemanas air yang mempunyai kapasitas minimal 50 liter untuk bathtub 1 orang dan sebanyak 80 liter untuk 2 orang. Sedangkan jika kamar mandinya menggunakan shower yang akan digunakan oleh 2 orang, maka perlu digunakan pemanas air dengan kapasitas 15 liter.   Kunjungi https://pemanasairindonesia.com, solusi pemanas terbaik untuk rumah anda