Categories
Uncategorized

Mekanisme Payment Gateway Pada Toko Online

Bagi para pelaku bisnis, terkadang perlu untuk mengetahui berbagai layanan yang dapat membantu untuk memajukan perkembangan dari bisnis yang sedang dilakukan.

Salah satunya yaitu dengan layanan payment gateway yang dapat membantu untuk kemudahan toko online dalam proses transaksi pembelian barangnya. Sebelum itu, perlu untuk mengetahui bagaimana sistem dari layanan ini bekerja dan manfaat yang diberikan kepada toko online untuk mengembangkan bisnis.

Mekanisme Sistem yang Digunakan Pada Payment Gateway

Sebelum menggunakan layanan payment gateway, penting untuk memahami cara kerja mekanisme dari sistem payment ini. Sistem ini nantinya akan memberikan informasi yang perlu diberikan kepada pelanggan terkait dengan transaksi yang akan mereka lakukan. Setelah pelanggan menyetujui atas pembelian barang dan pembayaran yang mereka lakukan.

Payment gateway nantinya akan melanjutkan informasi tersebut kepada prosesor pembayaran dari bank yang sudah dituju. Prosesor ini berfungsi sebagai penyalur informasi terkait dengan transaksi kepada bank penerbit kartu yang digunakan.

Ketika bank sudah menerima informasi transaksi, mereka akan memberikan balasan kepada prosesor terkait dengan informasi atas konfirmasi pembayaran yang dilakukan telah berhasil atau gagal. Payment gateway ini nantinya akan menerima informasi dari prosesor berkaitan dengan jawaban dari bank. Informasi ini nantinya akan diteruskan kepada pemilik dari kartu yang digunakan dan juga menunggu hingga transaksi sepenuhnya berhasil dilakukan.

Manfaat yang Diberikan Dari Penggunaan Payment Gateway Untuk Toko Online

Jika dilihat dari posisi pelanggan, toko online yang memberikan kemudahan atas proses transaksi pembelian barang biasanya akan mendapatkan kepercayaan yang cukup tinggi. Pelanggan biasanya akan mencari toko online yang dapat memberikan kemudahan kepada mereka, sehingga penting untuk memiliki faktor ini. Selain itu, toko online sendiri tidak perlu untuk menyediakan rekening bank lebih dari satu untuk menerima pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan.

Baca: 5 Alasan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Payment Gateway

Dengan payment gateway, toko online hanya perlu menggunakan satu rekening bank saja karena layanan ini memudahkan untuk melakukan transfer transaksi dari berbagai bank ke satu rekening bank saja. Selain itu, layanan ini memudahkan pelanggan untuk menggunakan berbagai jenis metode pembayaran dengan aman dan juga nyaman selama transaksi.