Categories
Uncategorized

Kredit Mobil Buat Harga Beli Tinggi? Tidak dengan Persiapan Ini!

Di pasaran mobil dalam negeri, ada anggapan bahwa pembelian mobil melalui cara kredit bukanlah untuk setiap orang. Kredit mobil lebih direkomendasikan untuk orang-orang yang mampu memanfaatkan kembali mobil mereka untuk menghasilkan uang secara produktif. Ini dikarenakan uang hasil penggunaan mobil dianggap mampu mengkompensasi harga beli mobil yang menjadi tinggi akibat penambahan bunga ke pihak leasing. Benarkah demikian? Tentu saja tidak. Tergantung bagaimana Anda mempersiapkannya, kredit mobil tetap dapat dibuat semurah mungkin.

1. Pahami Kebutuhan: Mobil Baru atau Bekas?
Dengan semakin canggihnya teknologi mobil saat ini, tentu hasrat membeli satu di antara yang terbaru menjadi tidak terbendung – apalagi kalau kita berbicara tentang membeli mobil baru. Itulah mengapa memilih antara mobil baru dan bekas menjadi persiapan yang sangat penting. Pada kebanyakan kasus, mobil bekas sudah cukup memenuhi kebutuhan transportasi kebanyakan orang. Ini juga mempersempit ruang pilihan unit sehingga bersifat objektif dalam memilih menjadi lebih mudah. Pahami apa tujuanmu membeli mobil dan bagaimana mobil itu dapat berkontribusi dalam hidup dan keuanganmu nanti.

Cek Simulasi Kredit Mobil Honda

2. Survey ke Beberapa Dealer
Sama halnya dengan membeli produk mahal lainnya, akan lebih bijak jika Anda melakukan survey terlebih dahulu. Survey dapat dilakukan terlebih dahulu melalui telepon atau online untuk mendapatkan harga dan deskripsi kasar kondisi mobil jika mobil tersebut bekas. Salesperson tidak akan ragu membantu Anda menyediakan gambar unit. Manfaatkan ini untuk memilih 2 atau 3 dealer yang layak Anda datangi.

3. Persiapkan DP Minimal 30%
Sebelum Anda melakukan kunjungan ke dealer, pastikan Anda sudah mengantongi angka persentase DP yang akan Anda gunakan saat pengajuan. Ini akan sangat mempermudah ketika salesperson membantu memberikan gambaran atau simulasi pembiayaan pengajuan kredit Anda kelak. Tidak hanya itu, salesperson juga lebih mudah memberikan promo yang sesuai untuk Anda.

Baca Juga: Tips Merawat Ban Mobil

5. Simulasi & Negosiasi
Berdasarkan hasil simulasi yang diberikan, pertimbangkan bagaimana kondisi keuangan Anda kelak setelah adanya angsuran per bulan yang harus Anda bayar. Apabila dirasa terlalu berat, minta salesperson untuk memberikan pilihan alternatif untuk meringankan angsuran. Ini dapat dilakukan dengan mengubah perusahaan asuransi atau pilihan coverage-nya, menukar bonus langsung dengan pengurangan harga mobil, meningkatkan DP, dan semacamnya.

Itulah setidaknya lima langkah persiapan yang harus kamu lakukan sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit mobil ke pihak leasing tertentu. Jangan terburu-buru adalah kunci memperoleh harga terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *