Categories
Uncategorized

Mudah! Inilah Tips Merawat Mesin Mobil untuk Pemula

Perawatan kendaraan seringkali terabaikan apalagi bagi pemula. Padahal, jika perawatan itu dilakukan secara rutin, niscaya kondisi mesin akan tetap awet dan minim risiko. Begitu pun dengan perawatan mobil, banyak pemula yang kerap menganggapnya rumit.

Padahal, kalau sudah memahami dan menerapkan dasar-dasarnya, paling tidak dapat menghindari kerusakan fatal. Lalu, bagaimanakah tips merawat mesin mobil untuk pemula? Simak di bawah ini.

Rutin Mengecek Oli

Lazimnya, Anda harus rutin mengecek oli mobil setiap jarak maksimal 10 ribu kilometer. Tujuannya demi memastikan kondisi mesin yang tetap optimal. Nah, cara untuk mengecek oli yang sederhana cukup dengan memperhatikan apakah ada kotoran atau serpihan lembut di dalam cairan tersebut. Jika ada, segera ganti oli mobil Anda.

Memastikan Fungsi Kopling

Tips ini tidak berlaku bagi mobil matik. Sebaliknya, kalau mobil Anda menggunakan transmisi manual, coba rasakan apakah pergantian persnelingnya sudah kurang empuk. Ampas kopling yang sudah mulai aus biasanya menyebabkan fungsi kopling tersendat dan persnelingnya sudah harus diganti.

Baca: Cara Membersihkan Mesin Mobil

Mengganti Radiator Secukupnya

Anda harus mengganti air radiator secara rutin. Air radiator berfungsi menjaga performa mesin yang tetap optimal. Jangan sampai Anda lupa mengganti air radiator mesin.

Cek juga: Kredit Mobil Honda

Selalu Mengecek Lampu dan Kabel

Luangkan sejenak waktu untuk mengecek kondisi lampu dan sistem kabel dalam kendaraan Anda. Apalagi jika sudah timbul masalah seperti lampu yang mulai redup. Coba periksa apakah ada kabel yang kendor atau siapa tahu putus. Jika ada masalah pada instalasi kabel, segera ganti atau bawa mobil Anda ke bengkel terdekat supaya ditangani tangan profesional.

Jangan Abaikan Kondisi Aki

Anda mesti mengecek kondisi air aki yang sesuai di batas penanda. Cara lainnya bisa memakai alat voltmeter. Sekali lagi, jika merasa kurang yakin dengan apa yang sudah Anda periksa, sebaiknya bawa ke bengkel untuk diperiksa lebih cermat.

Nah, demikianlah beberapa tips perawatan mesin mobil untuk pemula. Ternyata sangat simpel dan Anda hanya butuh sekian menit untuk mengeceknya. Setidaknya, Anda dapat menghindari risiko kerusakan permanen yang justru akan menguras biaya ekstra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *